Oktaviani, Oki (2013) Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru Yang Telah Disertifikasi dan Yang Belum Disertifikasi di SMA N 1 Pantai Cermin Kab. Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_OKI_OKTAVIANI_05677_2579_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap 1) perbedaan
kompetensi pedagogic antara guru yang telah disertifikasi dan yang belum disertifikasi 2)
perbedaan kompetensi profesional antara guru yang telah disertifikasi dan yang belum
disertifikasi 3) perbedaan kompetensi sosial antara guru yang telah disertifikasi dan yang
belum disertifikasi 4) perbedaan kompetensi kepribadian antara guru yang telah
disertifikasi dan yang belum disertifikasi 5) perbedaan kinerja antara guru yang telah
disertifikasi dan yang belum di SMA N 1 Pantai Cermin Kab. Solok.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa SMA N 1 Pantai Cermin Kab.Solok. Teknik penarikan sampel dengan
proportional stratified random sampling. jumlah sampel sebanyak 86 orang. Tekhnik
pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dan wawancara. Teknik
analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif, Uji Homogenitas dan Uji
Hipotesis menggunakan Uji t test, dengan menggunakan program Statistical Product and
Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi
pedagogik antara guru yang telah disertifikasi dan yang belum disertifikasi. 2) Terdapat
perbedaan yang signifikan pada kompetensi profesional antara guru yang telah disertifikasi
dan yang belum disertifikasi. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara guru yang telah
disertifikasi dan yang belum disertifikasi pada kompetensi sosial. 4) Terdapat perbedaan
yang signifikan antara guru yang telah disertifikasi dan yang belum disertifikasi pada
kompetensi kepribadian.5) Terdapat perbedaan yang signifikan antara guru yang telah
disertifikasi dan yang belum disertifikasi pada kompetensi pedagogic, kompetensi
professional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada guru yang telah dan yang
belum sertifikasi untuk terus meningkatkan kinerja terutama pada kompetensi pedagogik
yaitu dengan memanfaatkan tekhnologi dengan baik dan menguasai materi yang akan
disampaikan dan harus mempu mengembangkan potensi peserta didik sehingga dapat
mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. dan tetap terus mengembangkan kompetensi
profesional, kepribadian maupun social yang dimiliki dengan mengikuti berbagai
pelatihan. Dan diharapkan kepala sekolah tetap memberikan motivasi terhadap guru yang
telah disertifikasi maupun yang belum disertifikasi agar lebih mengoptimalkan kinerja
mereka dengan meningkatkan kompetensi yang dimiliki.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:36 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 02:00 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30788 |
