Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Berdasarkan Manfaat (Benefit) pada PD. Jaya Utama Motor Padang

Dodi, Dodi (2009) Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Berdasarkan Manfaat (Benefit) pada PD. Jaya Utama Motor Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DODI 61125-04-09.pdf] Text
final_B1_DODI 61125-04-09.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmen pelanggan pada PD. Jaya
Utama Motor Padang berdasarkan manfaat. Manfaat dikelompokan berdasarkan
kualitas, pelayanan, harga dan lokasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu bertujuan untuk
memberikan gambaran tentang segmen pelanggan PD. Jaya Utama Motor
berdasarkan manfaat. Tempat penelitian dilakukan di kota Padang yang dimulai pada
bulan Januari s/d Maret 2009. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PD.
Jaya Utama Motor di kota Padang dan di luar kota Padang. Pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan accidental sampling method.
Dengan jumlah sampel 100 orang responden. Teknik pengumpulan data adalah: 1)
Library research, 2) Field research, 3) Kuesioner. Teknik analisis data yang
digunakan adalah dengan analisis cluster. Hasil penelitian berdasarkan analisis
cluster diperoleh dua segmen pelanggan, yaitu segmen 1 (segmen harga), segmen 2
(segmen kualitas, segmen pelayanan, dan segmen lokasi)
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada PD. Jaya Utama Motor
Padang terdapat dua segmen pelanggan yaitu segmen konsumen akhir dan segmen
konsumen bisnis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 01 Dec 2025 05:02
Last Modified: 01 Dec 2025 05:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30781

Actions (login required)

View Item
View Item