Bago, Adam Smith (2015) Pengembangan Penuntun Praktikum Fisiologi Tumbuhan Berorientasi Inkuiri Terbimbing untuk Mahasiswa FKIP Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Bung Hatta Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_ADAM_SMITH_BAGO_1304143_3062_2015.pdf
Download (752kB)
Abstract
Biologi sebagai salah satu cabang sains yang mengutamakan proses dari pada produk. Proses yang dimaksud adalah proses melalui kerja ilmiah, yaitu merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan dan menarik kesimpulan serta menemukan konsep-konsep dari pembelajaran. Agar proses dan produk dapat terwujud, salah satunya adalah melalui kegiatan praktikum dengan penuntun praktikum berorientasi inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penuntun praktikum Fisiologi tumbuhan berorientasi inkuiri terbimbing untuk mahasiswa FKIP Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Bung Hatta Padang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penuntun praktikum dikembangkan dengan menggunakan four-D models terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum dan analisis mahasiswa. Pada tahap design dilakukan perancangan penuntun praktikum berorientasi inkuiri terbimbing. Pada tahap develop dilakukan validasi dan ujicoba terbatas terhadap mahasiswa angkatan 2013 FKIP Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Bung Hatta Padang untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas. Tahap Disseminate dilakukan melalui seminar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi penuntun praktikum berorientasi inkuiri terbimbing, angket praktikalitas untuk dosen dan mahasiswa, angket motivasi mahasiswa, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa tes hasil belajar mahasiswa. Penuntun praktikum diuji coba terbatas kepada 26 orang mahasiswa FKIP Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Bung Hatta Padang. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa penuntun praktikum Fisiologi Tumbuhan berorientasi inkuiri terbimbing berada pada kategori sangat valid. Praktikalitas menurut dosen dengankriteria sangat praktis, praktikalitas menurut mahasiswa dengankriteria praktis. Hasil uji efektifitas motivasi dengan krtiteria Sangat tinggi, aktivitas mahasiswa dengan kriteria efektif, hasil belajar afektif dengan kriteria baik, psikomotor dengan kriteria baik, dan kognitif dengan kriteria lulus. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan penuntun praktikum Fisiologi Tumbuhan berorientasi inkuiri terbimbing untuk mahasiswa FKIP Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Bung Hatta Padang dinyatakan valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Development Research |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:34 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30771 |
