Halim, Abdul (2014) Hubungan Sikap dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas X Titl SMK Negeri 1 Tanjung Raya dengan Hasil Belajar Mata Diklat Melakukan Pekerjaan Mekanik Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_ABDUL_HALIM_ 97678_5684_2014.pdf
Download (296kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Melakukan Pekerjaan Mekanik Dasar (MPMD) yang mana hasil belajar masih banyak yang belum mencapai KKM. Terlihat dari ketuntasan hasil Ujian Mid Semester siswa tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 68 orang yang tuntas hanya 69,12 % dan tidak tuntas 30,88 %. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa diduga berasal dari dalam diri dan lingkungan siswa. Berdasarkan pengamatan penulis terhadap beberapa orang siswa menunjukkan bahwa ada yang sikap dan kebiasaan belajarnya baik seperti tidak pernah absen, belajar secara teratur, rajin mengerjakan tugas, namun hasil belajarnya jelek. Sebaliknya juga ditemukan siswa yang sikap dan kebiasaan belajarnya jelek, sering absen, belajar tidak karuan dan sering tidak mengerjakan tugas, namun hasil belajarnya baik. Kenyataan tersebut membuat penulis tertarik melakukan penelitian tentang Hubungan Sikap dan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis korelasional yang bersifat deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Tanjung Raya yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2013 dan masih aktif mengikuti mata diklat MPMD. Instrumen penelitian menggunakan soal objektif dan angket dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang berarti antara sikap belajar dengan hasil belajar MPMD secara signifikan sebesar 7,95 %. (2) Terdapat hubungan yang berarti antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar MPMD secara signifikan sebesar 17,38 %. (3) Terdapat hubungan yang berarti antara sikap dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar MPMD secara signifikan sebesar 27,87 %. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dan kebiasaan belajar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar MPMD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang baik tidak bisa terlepas dari sikap dan kebiasaan belajar yang baik pula. Siswa yang sikap dan kebiasaan belajarnya baik akan memperoleh hasil belajar baik, begitu sebaliknya.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penelitian Korelasional, Skala Likert, |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:30 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:30 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30766 |
