Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang

Pertiwi, Yosi (2015) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YOSI_PRATIWI_694_2015.pdf] Text
final_B1_1_YOSI_PRATIWI_694_2015.pdf

Download (632kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan berikut. Pertama, siswa malas untuk membaca sehingga kosakata yang dimiliki oleh siswa sangat rendah. Kedua, siswa tidak menguasai materi. Ketiga, siswa sulit mengembangkan ide untuk menulis teks laporan hasil observasi dengan baik. Terbukti nilai keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa masih di bawah rata-rata berkisar antara 60-75, sedangkan nilai KKM adalah 75. Keempat, model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi tidak menarik, sehingga siswa tersebut tidak semangat dalam pembelajaran dan terasa membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) keterampilan menulis teks laporan hasil observasi, (2) model discovery learning, dan (3) penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan satu kelompok subjek (One Group Pretest-Postest Design) yaitu kelompok pre-post dengan jumlah kelas 30 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014-2015. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning dan setelah menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Data penelitian ini adalah skor yang diperoleh dari hasil tes keterampilam menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang sebelum menggunakan model discovery learning dan setelah menggunakan model discovery learning. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi setelah menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 76,1. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang berada pada kulaifikasi cukup dengan nilai 59,4. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, diperoleh thitung > ttabel (5,93 > 1,67) pada taraf signifikansi 95%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa setelah menggunakan model discovery learning berpengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:27
Last Modified: 01 Dec 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30763

Actions (login required)

View Item
View Item