Deci, Syafni (2010) Pengaruh Penerapan Sistem Survey_Read Undarline Notetaking (S-RUN) dan Survey Question Read Recite Review (SQ3R) yang Diiringi dengan Speed Test terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas X SMK 2 Tri Dharma Kosgoro Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SYAFNI_DECI_77700_2423_2013.pdf
Download (268kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat perbedaan
hasil belajar antara siswa yang belajar dengan penerapan model pembelajaran
dengan menggunakan Sistem Survey_Read Undarline Notetaking (S-RUN)
dibandingkan dengan kelas yang diterapkan metode Survey Question Read
Recite Review (SQ3R). (2) perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas yang
diterapkan model pembelajaran dengan menggunakan Sistem Survey_Read
Undarline Notetaking (S-RUN) dibandingkan dengan kelas yang diterapkan
metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R) (3) Pengaruh interaksi
model pembelajaran dengan menggunakan Sistem Survey_Read Undarline
Notetaking (S-RUN) dan Survey Question Read Recite Review (SQ3R) Yang
Diiringi Dengan Speed Test dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas X SMK 2 Tri Dharma Kosgoro Padang yang terdaftar pada
semester II (dua), tahun ajaran 2011/2012. Teknik penarikan sampel adalah
purposive Sampling dengan melihat rerata dari total populasi. Instrumen
penelitian ini berupa tes dan angket. Teknik analisis data adalah analisis
deskriptif dan analisis induktif, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas varians,
dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa,(1)Terdapat perbedaan hasil
belajar siswa dengan model pembelajaran Survey_Read Undarline Notetaking
(S-RUN) dibandingkan dengan kelas yang diterapkan metode Survey Question
Read Recite Review (SQ3R) (sig.=0,002), (2) Terdapat perbedaan motivasi
belajar siswa dengan model pembelajaran Survey_Read Undarline Notetakin
(S-RUN) dibandingkan dengan kelas yang diterapkan metode Survey Question
Read Recite Review (SQ3R) (sig.=0,000), (3) Terdapat pengaruh interaksi
model pembelajaran menggunakan Sistem Survey_Read Undarline Notetaking
(S-RUN) dan Survey Question Read Recite Review (SQ3R) dengan motivasi
belajar terhadap hasil belajar (sig.=0,027). Berdasarkan hasil peenelitian dapat
simpulkan bahwa pembelajaran dengan mengunakan ( S_RUN ) dan (SQ3R)
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan pembelajaran (S_RUN) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik dibandingkan dengan
(SQ3R).Untuk itu disarankan kepada guru untuk dapat mempertimbangkan
pembelajaran (S_RUN) dan (SQ3R) sebagai alternatif dalam proses
pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 02:12 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 02:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30752 |
