Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 2 Bukittinggi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Tipe TAI (Teams assisted Individualization)

Rahmadeni, Fitri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 2 Bukittinggi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Tipe TAI (Teams assisted Individualization). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RAHMADENI_05644_2339_2013.pdf] Text
final_B1_1_RAHMADENI_05644_2339_2013.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe TAI (teams Assisted individualization) pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 1 di SMAN 2 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan hipotesis tindakannya adalah “penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 2 Bukittinggi”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 21 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif, pengamatan psikomotor dan lembar pengamatan aktivitas guru. Hasil penelitian dari dua siklus yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata- rata ketuntasan siswa secara klasikal yaitu sebesar 67,65% dan rata-rata nilai siswa sebesar 76,35. Pada siklus I ini hasil belajar siswa belum mencapai batas KKK yang telah ditetapkan sebelumnya, maka guru harus memperbaiki kinerjanya dan mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I, maka pada siklus II ini ketuntasan klasikal siswa naik menjadi 88,24% dan telah mencapai batas KKK yang diharapkan, kemudian rata-rata nilai siswa naik menjadi 82,70. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe TAI (Teams Assisted Individulization) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 2 Bukittinggi Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2025 01:52
Last Modified: 01 Dec 2025 01:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30746

Actions (login required)

View Item
View Item