Analisis Kapasitas dan Tingkat Pelayanan Jalan di Koridor Timur Kota Padang dengan Studi Kasus Ruas Jalan Alai Timur, Jalan Ampang Raya, Jalan Kampung Kalawi Kota Padang

Prakasih, Raga Cipta (2014) Analisis Kapasitas dan Tingkat Pelayanan Jalan di Koridor Timur Kota Padang dengan Studi Kasus Ruas Jalan Alai Timur, Jalan Ampang Raya, Jalan Kampung Kalawi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RAGA_CIPTA_PRAKASIH_17572_3481_2014.pdf] Text
final_B1_1_RAGA_CIPTA_PRAKASIH_17572_3481_2014.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kapasitas dan tingkat pelayanan jalan di ruas jalan Alai Timur, jalan Ampang Raya dan jalan Kampung Kalawi Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantilatif dengan metode deskriptif. Adapun data yang digunakan antara lain data kapasitas dan daya tampung ruas jalan, volume pergerakan kendaraan, frekuensi hambatan samping dan wawancara dengan Dinas terkait. Pengamatan dilakukan di empat titik yaitu, Simpang Alai, Ampang, Adzkia dan Simpang By Pass. Analisis data yang digunakan adalah analisis kapasitas dan tingkat pelayanan (Manual Kapasitas Jalan Indonesia, 1997) dan karakteristik tingkat pelayanan jalan (Tamin dan Nahdalina, 2006). Melalui pengamatan di empat titik tersebut, didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) kapasitas rencana dari ruas jalan penelitian adalah 6.000 SMP/jam sementara pada kenyataannya ruas jalan dilalui hingga 6.650 SMP/jam, tipe jalan adalah jalan kolektor dengan tipe 2/2 UD – 4/2 UD, kapasitas eksisting jalan adalah 9.677 SMP/jam (2) karakteristik tingkat pelayanan jalan di Simpang Alai (0,701062), Ampang (0,7552212) dan Adzkia (0,712429) berada pada kelas D yang memiliki karakteristik arus mendekati tidak stabil, kecepatan menurun cepat akibat volume yang berfluktuasi dan hambatan sewaktu-waktu, tidak ada kebebasan bermanuver dan kenyamanan rendah, bisa ditoleransi tapi dalam waktu singkat, sedangkan di Simpang By Pass (0,579533) berada pada kelas C yang memiliki karakteritik arus stabil, kecepatan serta kebebasan bermanuver rendah dan merubah lajur dibatasi oleh kendaraan lain, tetapi masih berada pada tingkat kecepatan yang memuaskan (3) kesimpulan penelitian ini adalah, ruas jalan penelitian masih mampu melayani pergerakan kendaraan harian dalam kondisi normal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KAPASITAS DAN TINGKAT PELAYANAN JALAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 27 Nov 2025 06:38
Last Modified: 27 Nov 2025 06:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30718

Actions (login required)

View Item
View Item