Desri, Desri (2011) Hubungan Cara Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teori Kerja Mesin Umum (TKMU) Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESRI-87754-2012.pdf
Download (173kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara cara belajarsiswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teori Kerja Mesin Umum(TKMU) kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Dalam penelitian ini terdapat duavariabel yaitu cara belajar siswa sebagai variabel X dan hasil belajar siswa sebagaivariabel Y. Metode yang digunakan adalah mix method yaitu untuk memperkuatinformasi yang luas menyangkut cara belajar. Populasi dalam penelitian ini adalahsemua siswa kelas XI jurusan teknik mesin SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah51 orang. Mengingat terbatasnya jumlah populasi dalam penelitian ini, maka tidakdilakukan penarikan sampel. Oleh sebab itu penelitian ini adalah penelitianpopulasi. Uji coba instrument penelitian yakni kepada siswa jurusan teknik mesinkelas XI SMK Negeri 1 Padang sebanyak 30 orang yang memiliki karekteristikyang sama dan di anggap telah memenuhi syarat sebagai uji coba. Untukmenentukan validitas angket digunakan rumus Product Moment dengan tarafsignifikansi 5% diperoleh pernyataan yang gugur nomor 5 dan 37. Hasilpenelitian diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0,673 artinya terdapathubungan yang signifikan antara cara belajar siswa dengan hasil belajar pada matapelajaran Teori Kerja Mesin Umum (TKMU) kelas XI SMK Negeri 5 Padang,dengan kategori interpretasi koefisien korelasi sedang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | CARA BELAJAR SISWA, TEORI KERJA MESIN |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 09:27 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 09:27 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30692 |
