Susanto, Desri (2011) Penerapan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) pada Mata Diklat Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) Siswa Kelas X di SMK N 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESRI SUSANTO-74060-2011.pdf
Download (185kB)
Abstract
Pembelajaran yang didominasi dan terpusat pada guru berdampak kurangoptimalnya kemampuan berfikir siswa. Hal ini diperparah dengan keengganansiswa untuk memahami materi pelajaran dari dari bahan ajar yang telahdisediakan, sehingga siswa menjadi pembelajar pasif. Berdasarkan pernyataantersebut peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang penerapanmotode pembelajaran SQ3R dalam mata diklat MRL siswa kelas X SMK N 2Payakumbuh.Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan dan membandingkanhasil belajar siswa yang diajar dengan metode SQ3R dengan siswa yang diajardengan metode konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah “terdapat perbedaanhasil belajar siswa yang diajar dengan metode SQ3R dengan hasil belajar siswayang diajar dengan metode konvensional pada mata pelajaran MRL kelas XSMKN 2 Payakumbuh”. Penelitian eksperimen ini dikategorikan ke dalam jenispenelitian semu (quasi experiment) dengan rancangan post-test only control groupdesign. Subyek penelitian ini seluruh siswa kelas X (X TITL dan X TOI), programkeahlian Teknik Ketenagalistrikan SMKN 2 Payakumbuh dengan jumlah 69siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajarsiswa dari kedua kelas sampel. Rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 70,03,sedangkan pada kelas kontrol mempunyai rata-rata 57,94. Analisis uji-t diperolehthitung sebesar 3,06 pada taraf signifikan α = 0,05 dan ttabel = 2,00. Oleh karena nilaithitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima pada tarafsignifikan α = 0,05. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu metode SQ3R hanyadapat diterapkan pada kompetensi dasar yang bersifat teori saja. Implikasi daripenelitian ini yaitu dalam mempelajari materi yang bersifat teori, guru mata diklatMRL diharapkan agar menerapkan metode SQ3R dalam memahami materi yangbersifat teori karena siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN SURVEY, RANGKAIAN LISTRIK |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 09:27 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 09:27 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30690 |
