Susanti, Desri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 08 Karang Putiah Kecamatan Sangir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESRI SUSANTI (93619).pdf
Download (342kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa dalampembelajaran IPS masih didominasi oleh guru sebagai sumber informasi.Sehingga siswa menjadi pasif dan tidak kreatif serta tidak dapat berfikir kritisyang mengakibatkan rendahnya hasil berajar IPS. Selain itu sulitnya bagisiswa menghubungkan materi yang dipelajari dengan realita. Untukmengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatankonstruktivis. Dimana siswa menyelidiki dengan cara mencari informasi danmenjawab pertanyaan-pertanyaan. Pembelajaran dimotivasi untuk aktifberfikir, melibatkan diri dalam kegiatan dan mampu menyelesaikan tugassendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dikelas IV SD Negeri 08 Karang Putiah Kecamatan Sangir.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganmenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalahperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian dilaksanakan duasiklus secara kolaboratif antara peneliti dan observer. Penelitian inimenggunakan teknik observasi dan instrumen pengamatan untuk melihatpeningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVSD Negeri 08 Karang Putiah Kecamatan Sangir yang terdaftar tahunpembelajaran 2011/2012.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa siklus Ipertemuan 1 rata-rata 63% dan pertemuan 2 menjadi 70%. Pada siklus IIpertemuan 1 rata-rata meningkat menjadi 77% dan siklus II pertemuan 2menjadi 82%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwadengan menggunakan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasilbelajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 08 KarangPutiah Kecamatan Sangir.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN IPS, PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 09:27 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 09:27 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30689 |
