Fitria, Desni (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe TekaTeki Silang terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pariangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESNI FITRIA-73134-2011.pdf
Download (124kB)
Abstract
Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan yang besar peranannya dalamkehidupan, terlebih di bidang IPTEK yang berkembang dengan pesat saat ini.Oleh karena itu fisika penting untuk dipelajari. Namun banyak siswa yang tidaksuka belajar fisika dan menganggapnya pelajaran sulit yang penuh dengan angkadan rumus, serta menunjukkan sikap pasif dalam pembelajaran. Oleh sebab ituperlu dikembangkan suatu strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa untukaktif belajar,menguasai, sekaligus menyukai pelajaran fisika, yaitu dengan strategiactive learning tipe teka-teki silang. Teka-teki silang yang pada dasarnyamerupakan permainan, diubah menjadi alat evaluasi pembelajaran yangmenyenangkan bagi siswa sehingga ketakutan dan kejenuhan siswa akan bentuksoal fisika yang dianggap sulit dan penuh rumus dapat teratasi. Tujuan penelitianini adalah untuk melihat pengaruh penerapan strategi active learning tipe teka-tekisilang terhadap hasil belajar IPA fisika siswa Kelas VIII SMPN 2 Pariangan.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitianRandomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswakelas VIII SMPN 2 Pariangan yang terdaftar tahun pelajaran 2010/2011.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling,diperoleh sampel kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 sebagaikelas kontrol.Data penelitian meliputi hasil belajar pada 2 ranah yaitu kognitif danafektif. Instrumen penilaian berupa tes hasil belajar berupa soal objektif dengan 4pilihan jawaban untuk ranah kognitif dan format lembaran observasi pada ranahafektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, ujihomogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji tDari data hasil penelitian, diperoleh hasil belajar pada ranah kognitif danafektif. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 63,24 lebihtinggi dari kelas kontrol yaitu 55,29. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,19dan ttabel = 2,036 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung > ttabel maka Hi diterima.Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 73,29% lebih tinggidari kelas kontrol yaitu 54,20%. Dengan demikian dapat disimpukan bahwaterdapat Pengaruh yang berarti Penerapan Strategi Active Learning Tipe TekaTeki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2Pariangan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | STRATEGI ACTIVE LEARNING, HASIL BELAJAR IPA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 03:01 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 03:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30651 |
