Pengaruh Penerapan Case Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi

Dila, Apin (2022) Pengaruh Penerapan Case Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_Apin_Dila_18045004_2069_2023.pdf] Text
B1_01_Apin_Dila_18045004_2069_2023.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar geografi. Yang dilaksanakan di SMAN 1 Harau Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan jenis penelitian berupa posttest control only group desain. Sedangkan untuk sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa
X IPS 1 yang memiliki 36 siswa sebagai kelas eksprimen, dengan menerapkan model pembelajaran Case Based Learning. Sedangkan X IPS 5 yang memiliki 36 siswa sebagai kelas konvensional, menerapkan model pendekatan saintifik.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, soal pilihan ganda sebanyak 45 soal dan tes dokumentasi. Dari hasil rata-rata nilai postest kelas eksperimen didapatkan perolehan nilai 83,61 dan kelas konvensional 61,69. Analisis data dari dua kelompok sampel menggunakan uji-t dengan sistem SPSS 21 sehingga diperoleh nilai signifikan 0,00 yang berada dibawah α= 0,05 (sig>α). Ini berarti adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Case Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar Geografi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:04
Last Modified: 05 Mar 2025 03:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item
View Item