Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SDN 23 Koto Gadang Hilir Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar.

Yarti, Desmi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SDN 23 Koto Gadang Hilir Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESMI_YARNI_50863_2011.pdf] Text
final_B1_DESMI_YARNI_50863_2011.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di lapangan, berdasarkanobservasi yang peneliti lakukan di SDN 23 Padang Ganting terungkap bahwahasil belajar siswa rendah berdasarkan hasil ujian semester I TP 2010/2011.Dikarenakan kurang tepatnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru,sehingga pembelajaran kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu untukmeningkatkan hasil belajar IPS diperlukan untuk menggunakan pendekatanpembelajaran yang sesuai dengan materi. Salah satunya adalah pendekatan inkuiri.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar siswadalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan inkuiri di kelas IVSDN 23 Koto Gadang Hilir Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar.Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Tindakan Kelas denganmenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaandengan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran pada suatu kelas, masalahpenelitian yang akan dipecahkan berasal dari praktek pembelajaran di kelas.Sabjek penelitian ini adalah guru, teman sejawat, dan siswa kelas IV SDN 23Koto Gadang Hilir. Proses pembelajaran yang dilakukan terdiri dari 2 siklusdengan langkah-langkah seperti: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan danrefleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan teknik observasi,pencatatan lapangan, dan evaluasi. Semua kegiatan ini difokuskan untukmeningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran masalah sosial.Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, diperoleh data darisiklus I pertemuan pertama, hasil ketercapaian yang didapat siswa adalah 70%,setelah dilakukan Siklus I pertemuan pertama meningkat menjadi 77% dan setelahsiklus II semakin meningkat menjadi 89%. Ini dapat disimpulkan bahwa darihasil tes yang telah dilakukan terlihat adanya peningkatan terhadap hasil belajarsiswa di kelas IV SDN 23 Koto Gadang Hilir.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, PENDEKATAN INKUIRI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Nov 2025 07:38
Last Modified: 24 Nov 2025 07:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30619

Actions (login required)

View Item
View Item