Setiawan, Agus (2018) Kontribusi Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Matematika Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_AGUS_SETIAWAN_1302302_953_2018.pdf [thumbnail of B1_01_AGUS_SETIAWAN_1302302_953_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_AGUS_SETIAWAN_1302302_953_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih besarnya persentase mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang mendapat nilai yang rendah pada Mata Kuliah Analisis Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Matematika Jurusan Teknik Sipil FT-UNP.
Penelitian ini bersifat kuantitatif. Jumlah sampel penelitian berjumlah 63 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2015 yang terdaftar pada Semester Juli-Desember 2017. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur variabel kemandirian belajar. Pada uji coba angket kemandirian belajar didapatkan 33 item pernyataan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,873.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Matematika Jurusan Teknik Sipil FT-UNP dengan tingkat hubungan yang cukup kuat (rhitung 0,594 > rtabel 0,248). Dari uji koefisien determinasi diperoleh nilai KP sebesar 35,28%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Matematika Jurusan Teknik Sipil FT-UNP sebesar 35,28% dan sisanya sebesar 64,72% disumbangkan oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:04 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3060 |