Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-kanak Pautan Hati Perumnas Koto Baru Kabupaten Solok

Ningsih, Syilvia (2012) Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-kanak Pautan Hati Perumnas Koto Baru Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SYLVIA_NINGSIH_04489_4899_2012.pdf] Text
final_B1_1_SYLVIA_NINGSIH_04489_4899_2012.pdf

Download (989kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) jenis tindak tutur direktif
guru dalam proses belajar mengajar di Taman Kanak-kanak (selanjutnya,
disingkat TK) Pautan Hati Perumnas Koto Baru Kabupaten Solok, dan (2) strategi
bertutur direktif guru dalam proses belajar mengajar di TK Pautan Hati Perumnas
Koto Baru Kabupaten Solok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Informan dalam penelitian adalah semua guru yang mengajar
di TK Pautan Hati Perumnas Koto Baru Kabupaten Solok yang berjumlah tiga
orang. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan rekam. Tindak tutur pada
penelitian ini dibatasi pada jenis dan strategi bertutur yang digunakan guru selama
Proses Belajar Mengajar (PBM).
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tentang jenis dan srtategi
bertutur guru di TK Pautan Hati dapat diambil kesimpulan bahwa Pertama, jenis
tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di TK
Pautan Hati Perumnas Koto Baru Kabupaten Solok ada lima macam, yaitu (1)
menyuruh, (2) memohon, (3) menyarankan, (4) menuntut, dan (5) menantang.
Jenis tindak tutur yang lebih banyak digunakan oleh guru dalam proses
pembelajaran adalah tindak tutur menyuruh dan paling sedikit adalah tindak tutur
memohon. Kedua, strategi bertutur dalam merealisasikan tuturan direktif oleh
guru dalam proses pembelajaran di TK Pautan Hati Perumnas Koto Baru
Kabupaten Solok ada tiga macam, yaitu (1) strategi bertutur langsung terus terang
tanpa basa-basi, (2) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan
positif, dan (3) strategi bertutur samar-samar. Jenis strategi bertutur yang lebih
banyak digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah langsung terus
terang tanpa basa-basi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:24
Last Modified: 24 Nov 2025 03:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30596

Actions (login required)

View Item
View Item