Maflindo, Putri (2012) Pengaruh Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi di Kelas X Akuntansi SMK N 1 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_PUTRI_MAFLINDO_88664_1987_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi mengelola dokumen transaksi di kelas X akuntansi SMK N 1 Kota Solok. (2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar. (3) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi mengelola dokumen transaksi di kelas X akuntansi SMK N 1 Kota Solok. (4) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa melalui minat belajar siswa pada kompetensi mengelola dokumen transaksi di kelas X akuntansi SMK N 1 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi di SMK N 1 Kota Solok 110 orang. Teknik penarikan sampel dengan proposional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 86 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, analisis jalur, uji model (uji F) dan uji hipotesis (uji t) dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi mengelola dokumen transaksi di kelas X akuntansi SMK N 1 Kota Solok dengan sig 0,027 < α = 0,05 (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap minat belajar dengan sig 0,002 < α = 0,05 berarti koefisien jalurnya signifikan. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi mengelola dokumen transaksi di kelas X akuntansi SMK N 1 Kota Solok dengan sig 0,013 < α = 0,05 (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa melalui minat belajar siswa pada kompetensi mengelola dokumen transaksi di kelas X akuntansi SMK N 1 Kota Solok dengan sig 0,000 <α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka diajukan saran yaitu hendaknya siswa dapat menjaga lingkungan belajarnya dengan baik agar dapat merangsang minat belajar dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | LINGKUNGAN BELAJAR, MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR SISWA |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:37 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30595 |
