Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan melalui Pendekatan Realistics Mahematick Education (RME) di Kelas IV SDN 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi.

Yusuf, Desi Sagita (2010) Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan melalui Pendekatan Realistics Mahematick Education (RME) di Kelas IV SDN 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESI_SAGITA_YUSUF_88125_23_2011.pdf] Text
final_B1_DESI_SAGITA_YUSUF_88125_23_2011.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dikelasIV SDN 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi dengan menggunakan pendekatanRealistik. Penelitian ini dilatar belakangi karena nilai matematika kelas IV SDN 05Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi selalu memperoleh nilai dibawah KriteriaKetuntasan Minimal (KKM). Dimaka nilai kriteria ketuntasan minimal yang sudahditetapkan dikelas IV SDN 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi adalah 7 (tujuh).Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuatitatifdengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian iniberupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan,hasil observasi aktivitas guru dan anak, tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas IV SDN 05 Puhun Pintu Kabun yang berjumlah 28 orang.Prosedur penelitian ini meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan,dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secarakolaboratif antar peneliti dan guru.Hasil penelitian siklus I pertemuan I nilai rata-rata tes akhir yang diperolehanak adalah 6,46 dan 13 anak yang dinyatakan tidak tuntas. Siklus I pertemuan 2 nilairata-rata tes akhir yang diperoleh siswa adalah 6,96 dan 7 anak dinyatakan tidaktuntas. kemudian siklus II nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh anak adalah 7,60dan semua siswa dinyatakn tuntas. Disini terlihat bahwa hasil tes akhir setiaptindakan selalu meningkat.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan realistik dalampembelajaran penjumlahan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVSDN 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN, PECAHAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:27
Last Modified: 24 Nov 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30580

Actions (login required)

View Item
View Item