Analisis Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Mayar, Farida and Yulianti, Khairu Nisa and Sari, Suryana and Livia, Resvi and Lubis, Nur Azizah and Elza, Delfi and Arnis, Putri Yolanda (2019) Analisis Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (5). pp. 6033-6040. ISSN 2549-8959 (Online) dan 2356-1327 (Print)

[thumbnail of FARIDA_MAYAR_3756_24313_1_PB.pdf] Text
FARIDA_MAYAR_3756_24313_1_PB.pdf

Download (241kB)

Abstract

Kegiatan finger paiting merupakan strategi dalam meningkatkan perkembangan sosial
emosional anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan finger
painting dapat meningkatkan sosial emosional pada anak usia dini di TK Zam-Zam Kota
Pariaman. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Penelitian dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, serta dengan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisa data yang
dipakai pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, menyajikan data, serta menarik
kesimpulan. Pada penelitian ini ditemukan pada penelitian ini mengenai analisis kegiatan
finger pinting dalam meningkatkan sosial emosional anak yaitu perkembangan dan
pertumbuhan aspek sosial emosional pada anak dengan aktivitas finger painting sangat
membantu dan sangat efektif digunakan. Kegiatan ini sangat bagus dalam menstimulasi
perkembangan sosial anak. Dalam pencapaian ini anak mampu meningkatkan capaian hasil
pembelajaran dalam aspek perkembangan sosial emosional, anak melakukan dengan baik,
focus, senang dan mampu mengekspresikan berbagai hal, bereksplorasi, berimajinasi, serta
mampu menceritakan hal yang mereka buat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Finger Painting, Sosial Emosional; Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 05 Mar 2025 00:51
Last Modified: 05 Mar 2025 05:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3058

Actions (login required)

View Item
View Item