Sasmita, Putri Kurniati (2012) Perbedaan Motivasi Belajar, Tingkat Kejenuhan Belajar dan Hasil Belajar siswa kelas X antara SMA N 1 Pulau Punjung sebagai pelaksana Full day school dengan SMA N 2 Pulau Punjung sebagai sekolah Reguler. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_PUTRI_KURNIATI_SASMITA_00455_5751_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat (1) perbedaan motivasi belajar siswa kelas X antara SMA N 1 Pulau Punjung sebagai pelaksana Full day school dengan SMA N 2 Pulau Punjung sebagai sekolah reguler. (2) perbedaan tingkat kejenuhan belajar siswa kelas X antara SMA N 1 Pulau Punjung sebagai pelaksana Full day school dengan SMA N 2 Pulau Punjung sebagai sekolah reguler. (3) perbedaan hasil belajar siswa kelas X antara SMA N 1 Pulau Punjung sebagai pelaksana Full day school dengan SMA N 2 Pulau Punjung sebagai sekolah reguler. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Pulau Punjung dan SMA N 2 Pulau Punjung. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Pulau Punjung dan SMA N 2 Pulau Punjung yang berjumlah 344 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 242 orang dengan teknik pengambilan sampel proporsional cluster random sampling. Data primer penelitian dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada responden penelitian. Data sekunder berupa hasil belajar siswa dilihat dari rata- rata raport semester 1 tahun ajaran 2011/2012 yang menjadi sampel penelitian. Data yang telah terkumpul tersebut lalu dianalisis secara statistik dengan ANOVA melalui program SPSS 16.0. Hasil penelitian adalah (1) tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas X antara SMA N 1 Pulau Punjung sebagai pelaksana full day school dengan SMA N 2 Pulau Punjung sebagai sekolah reguler (sig 0,535 > 0,05). (2) tidak terdapat perbedaan tingkat kejenuhan belajar siswa kelas X antara SMA N 1 Pulau Punjung sebagai pelaksana full day school dengan SMA N 2 Pulau Punjung sebagai sekolah reguler (sig 0,420 > 0,05). (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas X antara SMA N 1 Pulau Punjung sebagai pelaksana full day school dengan SMA N 2 Pulau Punjung sebagai sekolah reguler (sig 0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan tingkat kejenuhan belajar siswa kelas X full day school dengan reguler tidak memiliki perbedaan namun hasil belajar siswa full day school lebih tinggi dibandingkan dengan reguler hal ini dikarenakan full day school memiliki jam belajar yang melebihi reguler. Dengan demikian disarankan kepada siswa reguler untuk dapat lebih giat lagi belajar dan memiliki jadwal belajar yang teratur agar dapat meningkatkan hasil belajarnya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR, HASIL BELAJAR SISWA |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:32 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30551 |
