Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Kelas X SMA SMA Negeri I Lubuk Alung.

Masri, Desi (2009) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Kelas X SMA SMA Negeri I Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESI_MASRI_63729_05_09.pdf] Text
final_B1_DESI_MASRI_63729_05_09.pdf

Download (165kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di lapangan, pembelajaran TIK di kelas X SMAN I LubukAlung kurang optimal. Penggunaan metode ceramah oleh guru pada pembelajaran TIK,menjadikan guru mendominasi kegiatan pembelajaran sementara aktivitas siswa rendah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajarankooperatif TGT pada mata pelajaran TIK di kelas X SMA Negeri I Lubuk Alung.Hipotesa yang akan diuji dalam penelitian ini adalah terdapat hasil belajar siswa yangtinggi dengan pembelajaran kooperatif TGT dibandingkan dengan hasil belajar siswadengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran TIK di kelas X SMAN I LubukAlung.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN I Lubuk Alung.Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive samplingyaitu kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol denganjumlah siswa sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah tes dengan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembarantes dan dokumen nilai. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji perbedaan (t-test).Sebelum dilakukan uji t, terlebih dahulu dilakukan uji Bartlett untuk melihat data berasaldari kelompok homogen atau tidak. Sedangkan uji Liliefors dilakukan untuk melihatnormal atau tidaknya data yang digunakan.Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang belajardengan pembelajaran kooperatif TGT memperoleh rata-rata nilai 89,8lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai69,9 pada mata pelajaran TIK di kelas X SMAN I Lubuk Alung. Dari perhitungan uji tdidapat t-tabel adalah 2,000 sedangkan t-hitung adalah 23,975 (t-hitung > t- table) dengandemikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan95%. Dengan demikia pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran TIK di kelas X SMAN I Lubuk Alung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:31
Last Modified: 24 Nov 2025 03:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30549

Actions (login required)

View Item
View Item