Peningkatan Pembelajaran Seni Musik dengan Penggunaan Metode Demonstrasi di Kelas I SD Negeri 07 Sungai Tawar Kecamatan Koto XI Tarusan.

Sari, Desi Laila (2011) Peningkatan Pembelajaran Seni Musik dengan Penggunaan Metode Demonstrasi di Kelas I SD Negeri 07 Sungai Tawar Kecamatan Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESI_LAILA_SARI_09862_2011.pdf] Text
final_B1_DESI_LAILA_SARI_09862_2011.pdf

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan, yaitu langkanya penggunaanmetode dalam pembelajaran dan minimnya penggunaan sumber serta alatpembelajaran. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensionalsehingga peserta didik kurang berminat mengikuti pembelajaran. Untuk itu penulistertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran seni musik dalam pembelajaran SeniBudaya dan Keterampilan (SBK) melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dengan penggunaan metode demonstrasi. Metode demonstrasi ini adalah suatu metodepembelajaran yang memberikan contoh atau peragaan langsung yang diberikan olehguru. Dalam metode ini guru bisa menjadi demonstrator yang bertujuan untukmemotivasi peserta didik dalam melatih motorik kasar peserta didik kelas rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, danhasil belajar peserta didik dengan penggunaan metode demonstrasi sehingga dapatmenunjang peningkatan pembelajaran seni musik peserta didik di kelas I Sekolah Dasar(SD).Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dankuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yangdilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus.Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihatpeningkatan pembelajaran seni musik dari penilaian tindakan siklus I rata-rata persentasepeserta didik yakni 70 %, sedangkan pada peserta didik tindakan siklus II rata-ratapersentase yakni 82 %. Hasil rekapitulasi dari kedua siklus rata-rata persentase 78 %.Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan peserta didik dalam prosespembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan penggunaanmetode demonstrasi dapat meningkatkan pembelajaran seni musik di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN SENI MUSIK, METODE DEMONSTRASI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:21
Last Modified: 24 Nov 2025 03:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30522

Actions (login required)

View Item
View Item