Devita, Elvi (2012) Aplikasi Pendekatan Kontekstual terhadap Kelas Akselerasi pada Pembelajaran Menulis Paragraf di SMP Negeri 1 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_ELVI_DEVITA_82211_4983_2012.pdf
Download (151kB)
Abstract
Pendidikan harus diwujudkan melalui proses pembelajaran yang aktif dan dinamis.Untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan memiliki kualitas yang dapat menjawab tantangan global, maka kalangan pendidikan perlu menggerakkan berbagai sumber yang ada.Dalam perspektif global tersebut, penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas memberikan nilai positif bagi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) karena tantangan global dan persaingan bebas antar bangsa dalam berbagai aspek kehidupan terasa semakin kompetitif. Salah satunya adalah memberi layanan pendidikan bagi anak berbakat yang benar dan optimal mempercepat lahirnya SDM yang unggul yang dapat bersaing dalam lingkup nasional dan internasional. Adapun tujuan penelitian yang akan dicapai adalah sebagai berikut : 1) Untuk menjelaskan pemahaman guru bahasa Indonesia dalam pengimplementasian pendekatan kontekstual lebih baik dan efektif pada menulis paragraf pola deduktif dan induktif. 2) Untuk menjelaskan pengimplementasian pendekatan kontekstual pada kelas program percepatan belajar (akselerasi) lebih baik dan efektif dalam pembelajaran menulis paragraf di SMPN 1 Pekanbaru - Riau. Hasil penelitian dapat disimpulkan tentang pemahaman guru terhadap komponen pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) terlihat lebih baik dan efektif untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam menemukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi serta bakat dan minat siswa khususnya kelas program percepatan belajar (akselerasi). dan implementasi guru tentang pendekatan kontekstual, terlihat lebih baik dan efektif untuk pembelajaran menulis paragraf deduktif dan induktif dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa menata paragraf secara runtut sesuai dengan letak gagasan pokoknya.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Pendekatan Kontekstual terhadap Kelas Akselerasi pada Pembelajaran Menulis Paragraf d |
| Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:39 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30389 |
