RAHMAN, IRAWATI (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Menggunakan Metode Peta Pikiran Mahasiswa Semester I Kelas A STKIP YDB Lubuk Alung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_IRAWATI_RAHMAN_10827_87_2015.pdf
Download (472kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya keterampilan mahasiswa untuk mengungkapkan ide secara tertulis dalam bentuk artikel populer. Hal ini terlihat pada hasil penilaian tugas mahasiswa menulis artikel populer yang belum mampu mencapai ketuntasan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran keterampilan menulis artikel mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia semester I kelas A STKIP YDB Lubuk Alung dengan menggunakan metode peta pikiran dan peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menulis artikel mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia semester I kelas A STKIP YDB Lubuk Alung dengan menggunakan metode peta pikiran. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Progaram Studi Pendidikan Bahasa Indonesia semester I kelas A STKIP YDB Lubuk Alung yang berjumlah 32 orang. Pemilihan subyek penelitian didasarkan pada hasil kemampuan menulis yang lebih rendah dibanding kelas lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang dimulai pada bulan Mei sampai dengan Juni 2012. Selama penelitian, peneliti berkolaborasi dengan salah satu orang dosen Mata Kuliah Dasar-dasar Komposisi pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Data penelitian ini diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi tindakan dosen dan mahasiswa, kuisioner, catatan lapangan, dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja mahasiswa membuat peta pikiran dan menulis artikel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode peta pikiran dapat meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan menulis artikel mahasiswa. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil tes siklus I dengan rata-rata 74,53 yaitu 4 orang mahasiswa mendapatkan nilai A, 27 orang mendapatkan nilai B, dan 1 orang mendapatkan nilai C dan siklus II meningkat menjadi 86,38 yaitu 28 orang mendapatkan nilai A dan hanya 4 orang yang mendapat niali B. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan metode peta pikiran dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan menulis artikel yang dilihat dari (a) hasil tindakan dosen selama pembelajaran, (b) hasil aktivitas mahasiswa selama pembelajaran, (c) hasil kuisioner mahasiswa, dan (d) hasil wawancara, (2) penggunaan metode peta pikiran dapat meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan menulis artikel mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia semester I kelas A STKIP YDB lubuk Alung.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Artikel, Peta Pikiran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:23 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:23 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30345 |
