Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungan untuk SMA Kelas X

Sari, Fanny Novita (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungan untuk SMA Kelas X. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_FANNY_NOVITA_SARI_15177014_3481_2017.pdf] Text
final_03_FANNY_NOVITA_SARI_15177014_3481_2017.pdf

Download (516kB)

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan tiga orang guru serta tiga orang peserta didik dari tiga sekolah diperoleh data bahwa gambaran LKPD yang dipakai guru memiliki beberapa kelemahan seperti penyajian kegiatan pada LKPD belum mengacu pada salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan dalam kurikulm 2013, LKPD tidak menyediakan gambar yang konkrit, bahkan beberapa lembar kegiatan tidak terdapat gambar, dan warna tidak menarik serta pertanyaan pertanyaan yang disajikan belum mengarahkan dan melatih peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan sehari hari serta terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Untuk menyikapi masalah tersebut maka dikembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL).PBLdipakai karena sesuai dengan karakter pada materi ekologi dan perubahan lingkungan, yaitu materi yang dekat dengan peserta didik (kontekstual) dan menuntut adanya proses pemecahan masalah pada dunia nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Tahap pengembangan terdiri dari tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe dan tahap penilaian. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar validitas, lembar praktikalitas oleh guru dan peserta didik, lembar observasi yang digunakan oleh observer untuk menilai afektif, lembar penilaian psikomotor dan soal essay untuk menilai kompetensi kognitif peserta didik. Hasil validasi ahli terhadap pengembangkan LKPD menunjukan nilai sangat valid dari para pakar. Kategori sangat valid yang diberikan oleh para pakar berdasarkan aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil penilaian praktikalitas yang dinilai oleh guru dan peserta didik diperoleh LKPD dengan kategori sangat praktis. Nilai sangat praktis diberikan peserta didik berdasarkan kemudahan dalam penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran, dan daya tarik. LKPD yang dikembangkan memiliki kriteria sangat efektif. LKPD berbasis PBL berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, kompetensi belajar peserta didik pada ranah afektif yang dinilai oleh para observer berada pada kategori sangat baik dan kompetensi belajar peserta didik pada ranah psikomotor dengan kategori sangat efektif. LKPD berbasi PBL berpengaruh terhadap kompetensi belajar peserta didik dan LKPD berbasis PBL yang dikembangkan valid, praktis, efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Ekologi dan Perubahan Lingkungan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QE Geology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:04
Last Modified: 26 Nov 2025 01:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30320

Actions (login required)

View Item
View Item