Evektivitas Program Non Visual Dekstop Access (NVDA) dalam Meningkatkan Kemampuan Mengeporasiakan Microsoft Word bagi Anak Tunanetra Kelas Lanjutan

Wijaya, Hendra (2018) Evektivitas Program Non Visual Dekstop Access (NVDA) dalam Meningkatkan Kemampuan Mengeporasiakan Microsoft Word bagi Anak Tunanetra Kelas Lanjutan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_HENDRA_WIJAYA_1300153_1707_2018.pdf] Text
final_B1_02_HENDRA_WIJAYA_1300153_1707_2018.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di PSBN Tuah Sakato Padang pada anak tunanetra kelas lanjutan.Ada limaanak tunanetra yang mengalami masalah dalam kemampuan penggunaan microsoft word yang meliputi kegiatan membuat, mengatur dan menyimpan dokumen. Selama ini guru hanya mengajarkan program Jaws saja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba untuk meningkatkan kemampuan penggunaan Microsoft word melalui program NVDA. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu dengan desain pretest posttest group designdengan menggunakan uji Mann Whitney. Peneliti memberikan pretest (tes kemampuan awal) kepada anak tunanetra, lalu memberikan intervensi dengan program NVDA dan melakukan posttest (tes kemampuan akhir). Subjek penelitian ini adalah lima anak tunanetra yang permasalahan hampir sama dalam penggunaan microsoft word.Penelitian dilakukan di PSBN Tuah Sakato Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pemberian tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program NVDA efektif dalam meningkatkan kemampuan penggunaan microsoft word bagi anak tunanetra di PSBN Tuah Sakato, dimana hasil dari pengolahan data dengan menggunakan rumus uji Mann Whitney diperoleh = 4 selanjutnya disesuaikan dengan pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dimana n = 5 yaitu 2. Berdasarkan pengujian hipotesis Ha diterima jika > dengan demikian dapat Ho ditolak Ha diterima. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa program NVDA efektif dalam meningkatkan kemampuan penggunaan microsoft word bagi anak tunanetra kelas lanjutan di PSBN Tuah Sakato Padang dan disarankan program ini dapat digunakan dan dikembangkan sebaik-baiknya dalam pendidikan anak dengan hambatan penglihatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program NVDA, AnakTunanetra, Microsoft Word
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 00:58
Last Modified: 26 Nov 2025 00:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30306

Actions (login required)

View Item
View Item