Sari, Wulan Purnama (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Rangkuman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_WULAN_PURNAMA_SARI_15716_4536_2014 .pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan berikut. Pertama, keterampilan siswa dalam menulis rangkuman sangat rendah sehingga hasil menulis siswa jauh dari ketuntasan minimal. Kedua, model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran menulis rangkuman kurang tepat yaitu hanya menggunakan metode ceramah. Ketiga, guru belum pernah menggunakan model pembelajaran CIRC dalam menulis rangkuman. Penelitian ini bertujuan untuk tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok dengan menggunakan model pembelajaran CIRC. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Sampel penelitian ini terdiri atas dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah 60 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah skor yang diperoleh dari hasil tes keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dan tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis rangkuman dengan menggunakan model pembelajaran CIRC siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok berada pada kualifikasi Baik (B). Kedua, keterampilan menulis rangkuman tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok berada pada kualifikasi Cukup (C). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2) – 2 karena thitung > ttabel (4,85>1,67). Dengan kata lain, penggunaan model pembelajaran CIRC berpengaruh terhadap keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Keterampilan Menulis |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 01:25 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 01:25 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30248 |
