Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 32 Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam.

Egiawati, Desi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 32 Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESI_EGIAWATI_07535_3181_2011.pdf] Text
final_B1_DESI_EGIAWATI_07535_3181_2011.pdf

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran masihsering didominasi oleh guru sebagai sumber belajar dan sumber informasi, prosespembelajaran yang dilakukan guru belum sepenuhnya berlangsung dengan optimal.Guru cuma menugaskan siswa membaca buku sumber. Dengan sendirinya siswahanya menunggu dan mencawan apa yang dijelaskan guru, sehingga aktivitas dan hasilbelajar siswa menurun. Banyak media yang yang dapat digunakan guru dalammengatasi permasalahan tersebut, salah satunya adalah dengan media gambar.Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah. Peningkatan Hasil Belajar Siswa DenganMenggunakan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS Di kelas IVSDN 32 Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Penelitian inibertujuan untuk mengungkapkan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 32Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakanmedia.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannyaadalah siswa kelas IV SDN 32 Paninjaun Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agamyang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan teknik obsevasi dan dilakukan dalam dua siklus penelitian. Data yangdiperoleh melalui observasi ditampilkan dalam persentase dan kemudiandikonversikan menjadi data kualitatif. Penggunaan media dalam pembelajaran IPSsangat penting, karena dalam pembelajaran anak sangat menyukai kalau banyak mediayang digunakan, apalagi dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme.Dari hasil penelitian tindakan kelas dengan Peningkatan Hasil Belajar SiswaDengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS Di kelasIV SDN 32 Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya menunjukan adanya peningkatanaktivitas dan hasil belajar siswa. Pola pembelajaran IPS yang dirancang denganmengadakan diskusi dan memberikan beberapa media sehingga siswa tidak merasabosan dalam belajar dan menyukai pembelajaran ini. Hal ini terlihat dari hasil belajarsiswa yang meningkat dari siklus I sebesar 31,4%, menjadi 88,5% pada siklus II atauterjadi peningkatan sebesar 57,1%. Aspek afektif siswa meningkat dari siklus I sebesar77,70% menjadi 80,00% atau terjadi peningkatan sebesar 2,3%. Aspek psikomotorsiswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I sebesar77,54% dan pada siklus II sebesar 80,00% atau mengalami peningkatan sebesar 2,46%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME, PEMBELAJARAN IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:10
Last Modified: 24 Nov 2025 03:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30228

Actions (login required)

View Item
View Item