Efektifitas Media Stempel Bermotif Gambar dalam Meningkatkan Perkalian bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas IV SD N 18 Koto Luar Kec. Pauh Padang

Daniati, Geni (2017) Efektifitas Media Stempel Bermotif Gambar dalam Meningkatkan Perkalian bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas IV SD N 18 Koto Luar Kec. Pauh Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_GENI_DANIATI_1100239_611_2017.pdf] Text
final_B1_02_GENI_DANIATI_1100239_611_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SD N 18 koto luar, kec.pauh padang, dimana terdapat lima orang anak yang mengalami kesulitan belajar matematika di kelas IV yang belum mampu melakukan perkalian dengan baik dan benar sehingga mempengaruhi hasil belajar yang mereka dapatkan. Peneliti berasumsi perlunya media yang tepat untuk membantu permasalahan kelima anak tersebut. Penelitian ini menggunakan media stempel bermotif gambar dengan bentuk quasy eksperimen design dengan jenis one group pretest-postest design. Dimana subjek penelitian diberikan pretest sebelum diberikan treatment selanjutnya diberikan posttest setelah diberikan treatment dengan media stempel bermotif gambar. Nilai dari kegiatan pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan U Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan, kemampuan anak mengenai perkalian pada anak kesulitan belajar ini dianalisis dengan melihat nilai rata-rata, saat pre-test hanya 42%. Selanjutnya pada posttest kemampuan anak kesulitan belajar matematika meningkat mencapai 84%. Kemudian data diolah agar lebih ilmiah dengan menggunakan Uji Mann Whitney, diperoleh Uhit = 5 dan Utab = 2 dengan n = 5 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dapat disimpulkan hipotesis diterima karena Uhit > Utab, jadi terbukti bahwa media stempel bermotif gambar Efektif digunakan dalam perkalian yang hasilnya puluhan bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas IV di SD N 18 Koto Luar Padang. Saran dalam penelitian ini adalah agar pihak sekolah berkenan menggunakan media lainnya seperti media stempel bermotif gambar untuk meningkatkan kemampuan perkalian bagi anak kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Stempel, Kesulitan Belajar, Edukasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:16
Last Modified: 24 Nov 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30153

Actions (login required)

View Item
View Item