Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Padang

Anas, Yenni (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_YENNI_ANAS_15177068_1288_2018.pdf] Text
final_03_YENNI_ANAS_15177068_1288_2018.pdf

Download (960kB)

Abstract

Permasalahan pembelajaran biologi di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Padang adalah dari aspek guru, proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yaitu kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sedangkan dari aspek siswa, kemauan belajar dan aktivitas belajar siswa rendah. Metode yang digunakan guru kurang bervariasi, siswa hanya mendengar tanpa adanya stimulus yang mendorong interaksi antar siswa dalam proses pembelajaran, sehingga aktivitas dan kompetensi hasil belajar siswa masih rendah. Model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk berinteraksi dan aktif melakukan investigasi terhadap suatu topik serta dapat membentuk siswa untuk bekerja sama adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi belajar biologi siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA.5 SMA Negeri 14 Padang tahun akademik 2016/2017 sebanyak 30 orang. Instrument penelitian ini adalah hasil evaluasi kompetensi kognitif, lembar observasi kompetensi afektif dan lembar observasi kompetensi psikomotor. Data penelitian ini dikumpulkan melalui evaluasi kompetensi kognitif, lembar observasi afektif, dan lembar pengamatan psikomotor siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan kompetensi ranah kognitif siswa terlihat dari hasil belajar pada siklus I adalah: 63,33, siklus II adalahI: 83,33 dan siklus ke-III adalah: 86,67. Hasil pengamatan kompetensi afektif, diperoleh siklus I adalah: 60, 32, siklus II adalah: 70, 13 dan siklus III adalah: 75, 60 dan hasil pengamatan kompetensi ranah psikomotor siklus I adalah: 76,67, siklus II adalah: 83,37 dan siklus III adalah: 87,80, rata-rata dari ketiga siklus adalah: dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi belajar siswa kelas XI IPA.5 SMA Negeri 14 Padang melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI)

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Belajar Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:07
Last Modified: 24 Nov 2025 03:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30119

Actions (login required)

View Item
View Item