Zulfahmi, Zulfahmi (2012) Kontribusi Sikap Inovatif dan Pengetahuan Manajemen Kelas terhadap Pelaksanaan Tugas Mengajar Guru SD Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_ZULFAHMI_19051_5915_2012.pdf
Download (352kB)
Abstract
Pelaksanaan Tugas mengajar merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan survei awal terhadap beberapa orang guru pada SD Negeri di Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima puluh Kota, terindikasi bahwa pelaksanaan tugas mengajar guru belum efektif, hal ini tergambar pada kegiatan tiap tahapan pembelajaran baik membuka pelajaran, kegiatan eksplorasi, elaborasi, konfirmasi, dan menutup pelajaran. Fenomena ini diduga berhubungan erat dengan faktor sikap inovatif dan pengetahuan manajemen kelas yang belum memadai. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan besarnya kontribusi sikap inovatif dan pengetahuan manajemen kelas terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru SD kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima puluh Kota. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1) sikap inovatif berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru, 2) pengetahuan manajemen kelas berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru, 3) sikap inovatif dan pengetahuan manajemen kelas secara bersama-sama berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD yang PNS di Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota 161 orang guru. Sampel penelitian sebanyak 67 orang yang diambil dengan teknik stratified proportional random sampling, dengan penetapan jenjang pendidikan dan masa kerja sebagai strata populasinya. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket model skala Likert, yang telah teruji validitas dan reliabilitas. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu sikap inovatif dan Pengetahuan Manajemen Kelas baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap inovtif berkontribusi sebesar 10,5% terhadap Pelaksanaan Tugas mengajar guru, variabel Pengetahuan Manajemen Kelas memberikan kontribusi sebesar 8,5% terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru. Secara bersama-sama kedua variabel berkontribusi sebesar 16,6% terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru. Disimpulkan bahwa kedua variabel bebas memiliki peranan penting dan berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru disamping faktor-faktor lain yang tidak dibicarakan dalam penelitian ini. Dengan kata lain Pelaksanaan tugas mengajar guru dapat ditingkatkan melalui peningkatan sikap inovatif dan Pengetahuan Manajemen kelas . Dari temuan penelitian disarankan kepada kepala Sekolah dan semua pihak yang terlibat untuk memperhatikan kedua faktor yaitu sikap inovatif dan pengetahuan manajemen kelas dalam meningkatkan pelaksanaan tugas mengajar guru SD kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima puluh Kota
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | sikap Inovatif, Manajemen Kelas, Pengajaran Guru SD |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:41 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30020 |
