Rahayu, Desi (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_Desi_Rahayu_18016067_583_2022.pdf
Download (745kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan
media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal terhadap
keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen.
Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi yang
digunakan adalah kelas XI SMA Negeri 9 padang dengan teknik purposive
sampling untuk pengambilan sampel. Sampel yang dipilih terdiri atas dua kelas,
yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian ini adalah skor
keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang tanpa
dan menggunakan media pembelajaran e-book berbasis kearifan lokal. Instrumen
penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Uji persyaratan analisis dilakukan adalah uji
normalitas dan uji homogenitas.
Hasil Penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan
menulis teks prosedur tanpa menggunakan e-book interaktif berbasis kearifan
lokal siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari
Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 70,05. Kedua, keterampilan menulis teks
prosedur menggunakan e-book interaktif berbasis kearifan lokal siswa kelas XI
SMA Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata
80,26. Ketiga, berdasarkan uji-t hasil perolehan thitung ini dibandingkan dengan
ttabel pada derajat kebebasan (dk) = (n-2) pada taraf signifikan 95%. ttabel < thitung
(1,70 < 6,01) dengan demikian hipotesis berbunyi terdapatnya pengaruh yang
signifikan penggunaan e-book interaktif berbasisk kearifan lokal terhadap
keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang
menggunakan media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal lebih
baik dibandingkan tanpa menggunkan media pembelajaran e-book interaktif
berbasis kearifan lokal.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Pembelajaran E-book |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:39 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30009 |
