Peningkatan Keterampilan Menarasikan Teks Wawancara Melalui Metode Cooperative Script (CS) Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Sumani

Rahmah, Yunita (2014) Peningkatan Keterampilan Menarasikan Teks Wawancara Melalui Metode Cooperative Script (CS) Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Sumani. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YUNITA_RAHMAH_96375_6044_2014.pdf] Text
final_B1_1_YUNITA_RAHMAH_96375_6044_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan keterampilan menarasikan teks wawancara melalui metode Cooperative Script (CS) Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Sumani. Subjek penelitian ini adalah kelas VII E SMP Negeri 3 Sumani yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan untuk menguraikan data kualitatif adalah lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara. Data hasil belajar diperoleh dari tes unjuk kerja tertulis siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur setiap siklus terdiri empat langkah kegiatan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap keterampilan menarasikan teks wawancara melalui metode Cooperative Script (CS) Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Sumani dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, proses pembelajaran keterampilan menarasikan teks wawancara melalui metode Cooperative Script (CS) terlaksana dengan baik. Kedua, penerapan metode Cooperative Script (CS) dalam dua siklus (empat kali pertemuan tatap muka) dapat meningkatkan keterampilan menarasikan teks wawancara siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sumani dengan rata-rata peningkatan 53,74% pada siklus I meningkat menjadi 81,04% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran menarasikan teks wawancara, efektif untuk meningkatkan keterampilan menarasikan teks wawancara siswa, dilihat dari segi proses dan dari segi hasil tes keterampilan menarasikan teks wawancara siswa. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa keterampilan menarasikan teks wawancara melalui metode Cooperative Script (CS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sumani

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teks Wawancara Melalui Metode Cooperative Script
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:37
Last Modified: 24 Nov 2025 02:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30003

Actions (login required)

View Item
View Item