Kontribusi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Iklim Komunikasi Terhadap Pelaksanaan Tugas Guru SD Negeri Kecamatan Batang Kapas

Fahmi, Rizal (2013) Kontribusi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Iklim Komunikasi Terhadap Pelaksanaan Tugas Guru SD Negeri Kecamatan Batang Kapas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_RIZAL_FAHMI_19689_1782_2013.pdf] Text
final_1_RIZAL_FAHMI_19689_1782_2013.pdf

Download (125kB)

Abstract

Pelaksanaan tugas guru dipertimbangkan sebagai salah satu faktor yang snagat penting menentukan kualitas pendidikan. Dari survey awal yang ditemukan bahwa tugas guru sekolah dasar Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan tidak seperti sebagaimana mestinya. Kondisi ini diprediksi menjadi dampak oleh beberapa faktor. Dua dari faktor yang dipertimbangkan menjadi lebih dominan seperti Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Iklim Komunikasi. Meskipun penelitian ini dirancang untuk menyelidiki kontribusi pada supervisi akademik pengawas sekolah dan iklim komunikasi terhadap pelaksanaan tugas guru. Tiga hipotesa seperti (1) supervisi akademik pengawas sekolah membantu pelaksanaan tugas guru; (2) iklim komunikasi terhadap pelaksanaan tugas guru; (3) supervisi akademik pengawas sekolah dan iklim komunikasi secara langsung terhadap pelaksanaan tugas guru. Populasi pada penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan yang berjumlah 385 orang. Populasi dipilih sebagai contoh menggunakan propotional random sampling technique. Data dari variabel dikumpulkan dengan menggunakan seperti model kuesioner yang sudah di uji coba validitas dan reliabilitas. Pengumpulan data dianalisis secara langsung menggunakan teknik hubungan dan keandalan menggunakan Monas Versi 12. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) supervisi akademik pengawas sekolah berkontribusi signifikan terhadap pelaksanaan tugas guru sebesar 10%; (2) iklim komunikasi berkontribusi signifikan sebesar 5,4%; (3) supervisi akademik pengawas sekolah dan iklim komunikasi secara bersama-sama berkontribusi signifikan sebesar 14%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan tugas guru dapat ditingkatkan melalui peningkatkan supervisi akademik pengawas sekolah dan iklim komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Pengawas Sekolah, Iklim Komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:22
Last Modified: 24 Nov 2025 02:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29994

Actions (login required)

View Item
View Item