Putri, Desi Julia (2017) Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_DESI_JULIA_PUTRI_1304574_4327_2017.pdf [thumbnail of B1_01_DESI_JULIA_PUTRI_1304574_4327_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_DESI_JULIA_PUTRI_1304574_4327_2017.pdf
Download (11MB)
Abstract
Berdasarkan data Neraca Pendidikan Daerah Kota Solok Prov Sumbar
tahun 2016 menunjukkan bahwa hasil uji kompetensi guru SMKN sebesar
58,82%. Serta hasil observasi dan wawancara informal yang penulis lakukan di
beberapa sekolah pada bulan desember 2016 kepada 15 orang siswa,
mengindikasikan masih terdapat 10% guru yang kurang menguasai kompetensi
pedagogik. Pada penelitian ini terdapat lima indikator kompetensi pedagogik yang
akan diteliti yaitu pemahaman terhadap peserta didik, pelaksanaan pembelajaran
yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil
belajar, dan pengembangan peserta didik. Tujuan penelitian untuk memperoleh
informasi tentang persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru pada SMKN
di Kota Solok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa pada SMKN di Kota Solok bejumlah 2874 orang. Sampel penelitian
101 ditentukan menggunakan rumus Slovin. Jenis data penelitian adalah data
primer dimana sumber data seluruh siswa pada SMKN di Kota Solok. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk skala Likert dengan lima
alternatif jawaban yang telah melalui validitas dan reliabilitas. Validitas angket
ditentukan dengan rumus tata jenjang Spearman. Hasil validitas menyatakan valid
dimana rho hitung 0,788 > rho tabel 0,648. Reliabilitas ditentukan dengan rumus
Alpha dengan r hitung 0,963 > r tabel 0,632. Data hasil penelitan dianalisis
dengan menghitung rata-rata jawaban dengan rumus rata-rata.
Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa persepsi siswa
tentang kompetensi pedagogik guru pada SMKN di Kota Solok yang ditinjau dari
lima indikator, yaitu: 1) pemahaman terhadap peserta didik memperoleh tingkat
capaian 60% berada pada kriteria cukup, 2) pelaksanaan pembelajaran yang
mendidik dan dialogis memperoleh tingkat capaian 79% berada pada kriteria baik,
3) pemanfaatan teknologi pembelajaran memperoleh tingkat capaian 60% berada
pada kriteria cukup, 4) evaluasi hasil belajar memperoleh tingkat capaian 80%
berada pada kriteria baik, dan 5) pengembangan peserta didik memperoleh tingkat
capaian 60% berdada pada kriteria cukup. Hasil penelitian secara keseluruhan
mengenai persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru pada SMKN di Kota
Solok memperoleh skor rata-rata 3,40 tingkat capaian 68% dengan kriteria baik.
Untuk itu guru perlu meningkatkan kompetensi pedagogik yang yang dimilikinya
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 03:29 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2997 |