Meningkatkan Kemampuan Membaca Suku Kata Huruf Bilabial dengan Menggunakan Media Kartu Huruf bagi Anak Kesulitan Membaca Kelas IV di SDN 12 Pisang

Putri, Desca (2020) Meningkatkan Kemampuan Membaca Suku Kata Huruf Bilabial dengan Menggunakan Media Kartu Huruf bagi Anak Kesulitan Membaca Kelas IV di SDN 12 Pisang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_DESCA_PUTRI_15003116_1225_2020.pdf] Text
final_B1_02_DESCA_PUTRI_15003116_1225_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan membaca suku kata huruf bilabial bagi anak kesulitan membaca. diawali dengan studi pendahuluan yang dilakukan di SDN 12 Pisang di kelas IV dimana satu orang siswa berinisial Z yang mengalami permasalahan dalam membaca suku kata huruf bilabial. Terlihat saat peneliti melakukan pengamatan pada satu kelas dimana terdapat dua puluh empat siswa. Saat melakukan proses identifikasi di kelas IV tersebut penulis menemukan seorang siswa yang berinisial Z yang mengalami kesulitan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kondisi baseline (A1) yaitu kemampuan awal anak dalam membaca suku kata sebelum diberikan perlakuan. Kondisi intervensi (B) kondisi dimana anak diberikan perlakuan dengan menggunakan media kartu huruf. Sedangkan baseline (A2) kemampuan anak setelah diberikan intervensi/perlakuan. Target behavior dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam membaca suku kata. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis visual dan grafik (Visual Analisis Of Grafic Data). Dari hasil penelitian diperoleh data kondisi baseline (A1) pertemuan pertema diperoleh hasil 12%, pertemuan kedua 16%, pertemuan ketiga sampai kelima diperoleh hasil 28%. Pada kondisi intervensi (B) pertemuan pertama diperoleh hasil 28%, pertemuan kedua dan ketiga diperoleh hasil 40%, pertemuan ke empat 52%, pertemuan ke lima 60%, pertemuan ke enam, ke tujuh, dan kedelapan diperoleh hasil 84%. Padda kondisi baseline (A2) pertemuan pertama diperoleh hasil 84%, pada pertemuan kedua, ke tiga, dan ke empat diperoleh hasil 88%. Jadi terbukti bahwa Media Kartu Huruf mampu meningkatkan kemampuan membaca suku kata huruf bilabial pada anak kesulitan membaca.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Suku Kata Huruf Bilabial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:35
Last Modified: 24 Nov 2025 01:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29960

Actions (login required)

View Item
View Item