Pengaruh Pembelajaran Berbasis ICT dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa SMK N 1 Siak di Kecamatan Mempura Kabupaten Siak

Ikram, Zul (2010) Pengaruh Pembelajaran Berbasis ICT dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa SMK N 1 Siak di Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_ZUL_IKRAM_92294_3196_2012.pdf] Text
final_1_ZUL_IKRAM_92294_3196_2012.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis ICT dan pembelajaran non ICT (konvensional); (2) perbedaan hasil belajar KKPI siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran berbasis ICT dan non ICT (konvensional); (3) perbedaan hasil belajar KKPI siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan pembelajaran berbasis ICT dengan hasil belajar KKPI siswa berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan pembelajaran non ICT (konvensional); (4) interaksi antara pembelajaran berbasis ICT dengan pengetahuan awal siswa terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMK N 1 Siak yang berada di Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Sampel penelitian dipilih dengan teknik pengambilan sampel Purposif Random Sampling. Dari pemilihan diperoleh kelas I Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sebagai kelas eksperimen dan kelas I Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif sebagai kelas kontrol. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian treatment by block design 2 x 2, dan diselenggarakan pada semester I tahun pelajaran 2009/2010. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar kognitif dan dianalisis dengan uji-t dan Anava. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis ICT lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran non ICT (konvensional), baik pada kelompok siswa dengan pengetahuan awal tinggi maupun kelompok siswa dengan pengetahuan awal rendah. Penerapan pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat interaksi antara penggunaan pembelajaran berbasis ICT dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI artinya pembelajaran berbasis ICT dapat diterima untuk semua kalangan baik pada siswa dengan pengetahuan awal tinggi maupun rendah

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Berbasis ICT, SMK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:29
Last Modified: 24 Nov 2025 01:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29937

Actions (login required)

View Item
View Item