Sari, Elsa Purnama (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu LKPD Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.
final_03_ELSA_PURNAMA_SARI_15177010_668_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini diawali dengan hasil belajar peserta didik masih rendah. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik diantaranya adalah pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Penulis mendapatkan gambaran dari observasi bahwa proses pembelajaran biologi di sekolah belum sesuai harapan dimana pada pelaksanaannya pembelajaran belum bersifat students centredan masih terfokus kepada guru sebgai sumber informasi sehingga peserta didik menerima apa saja yang diberikan oleh guru. Selain itu, ketika guru menjelaskan di depan kelas tidak ada umpan balik dari peserta didik, peserta didik tidak fokus dan kurang aktif, pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik tampak ada yang berbicara sesama peserta didik. Sehingga mereka terkesan tidak mengikuti jalannya pembelajaran. Hal ini terlihat pada saat guru mengajukan pertanyaan, yang menjawab hanya ada satu atau dua orang peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Reasearch). Pada rancangan ini peserta didik dikelompokkan dalam dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan Kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t untuk kompetensi ranah kognitif dan Mann Whitney U untuk kompetensi ranah afektif dan psikomotor. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh berupa kesimpulan, yaitu: kompetensi belajar ranah kognitif, afektif dan spikomotor siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning berbantu LKPD lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen 87,7 dan kelas kontrol 80,35, ranah afektif kelas eksperimen 79,93 dan kelas kontrol 71,76 dan nilai rata-rata ranah psikomotor kelas eksperimen didapatkan 65,28 dan kelas kontrol 46,94.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kopetensi Belajar, Model Pembelajaran |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:24 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29917 |
