Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Ekonomi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMAN 1 Panti Kabupaten Pasaman

Wahyuni, Wiwik (2012) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Ekonomi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMAN 1 Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WIWIK_WAHYUNI_88598_1517_2012.pdf] Text
final_B1_1_WIWIK_WAHYUNI_88598_1517_2012.pdf

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauhmana pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA N 1 Panti. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Panti yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012, berjumlah 280 orang. Teknik penarikan sampel dengan Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 74 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi sederhana, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata skor variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru mata pelajaran ekonomi kedalam kategori baik dan nilai rata-rata skor veriabel sebesar 3,79 dengan tingkat capaian responden sebesar 75,80% yang tergolong kedalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA N 1 Panti dengan nilai thitung 7,989 dan ttabel 1,99346. Besarnya pengaruh variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru mata pelajaran Ekonomi terhadap hasil belajar siswa sebesar 47% dengan level sig < α (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian di atas, untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di SMAN 1 Panti diharapkan kepada guru mata pelajaran ekonomi untuk lebih meningkatkan kompetensi profesionalnya dalam pembelajaran, serta diharapkan agar siswa selalu memberikan persepsi yang positif terhadap guru mata pelajaran ekonomi yang mengajar, sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Persepsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:22
Last Modified: 24 Nov 2025 01:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29911

Actions (login required)

View Item
View Item