Persepsi Siswa Kelas 1 SMK N 5 Padang terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru secara Online

Hartika, Yuni (2015) Persepsi Siswa Kelas 1 SMK N 5 Padang terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru secara Online. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YUNI_HARTIKA_1100116_4030_2015.pdf] Text
final_B1_1_YUNI_HARTIKA_1100116_4030_2015.pdf

Download (541kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan observasi penulis terhadap penerimaan peserta didik baru online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan informasi tentang persepsi siswa kelas 1 terhadap pelaksanaan penerimaan peserta didik baru secara online dilihat dari: 1) prosedur penerimaan peserta didik baru secara online, 2) azas penerimaan peserta didik baru secara online, 3) seleksi penerimaan peserta didik baru secara online, 4) hambatan penerimaan peserta didik baru secara online. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa kelas 1 terhadap penerimaan peserta didik baru secara onlinetentang: 1) prosedur penerimaan peserta didik baru secara online, 2) azas penerimaan peserta didik baru secara online, 3) seleksi penerimaan peserta didik baru secara online, 4) hambatan penerimaan peserta didik baru secara online. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 1 SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 542 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Propotional random Sampling. Besarnya sampel sebanyak 10%, jadi sampel penelitian ini berjumlah 54 orang. Alat pengumpul data adalah angket dengan model skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian persepsi siswa kelas 1terhadap penerimaan peserta didik baru secara online menunjukkan bahwa : 1) prosedur penerimaan peserta didik baru secara online berada pada kategori baik dengan persentase 3,37 (84,35%), 2) azas penerimaan peserta didik baru secara onlineberada pada kategori cukup dengan persentase 3,18 (79,65%), 3) seleksi penerimaan peserta didik baru secara onlineberada pada kategori baik dengan persentase 3,07 (76,86%), 4) hambatan penerimaan peserta didik baru secara onlineberada pada kategori cukup tinggidengan persentase 2,87 (71,75%), dimana hambatan ini sangat tinggi pengaruhnya terhadap proses penerimaan peserta didik baru secara online. Secara keseluruhan persepsi siswa terhadap penerimaan peserta didik baru secara online berada pada kategori cukup dengan persentase 3,12 (74,08%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penerimaan peserta didik baru secara online di SMK N 5 Padang terlaksana cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Peserta Didik Baru secara Online
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Nov 2025 09:37
Last Modified: 21 Nov 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29793

Actions (login required)

View Item
View Item