Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Guided Note-Taking terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Nestari, Rizka (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Guided Note-Taking terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RIZKA_NESTARI_55093_108_2015.pdf] Text
final_B1_1_RIZKA_NESTARI_55093_108_2015.pdf

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe guided note-taking terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitianini merupakan penelitian eksperimen (Experimental Research). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Sampel dari Penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster sampling yaitu teknik pengumpulan sampel dengan mengambil sampel kelompok-kelompok tertentu yang memiliki ciri-ciri tertentu. Dalam penelitian ini penentuan kelas sampel dengan mengambil kelompok sampel yang memiliki ciri-ciri yang sama dan mempertimbangkan hasil belajar siswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil tes awal (pretest) dan hasil tes akhir (postest), kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar tes akhir (postest) sebesar 86,25 untuk kelas Eksprimen dan 79,96 untuk kelas Kontrol. Berdasarkan perhitungan uji t untuk pretest dengan α = 0,05 diperoleh thit = 1,333 dan ttabel = 2,000 sehingga thit < ttabel, maka H0 diterima. Sementara perhitungan uji t untuk postest di kedua sampel dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,539 dan ttabel =2,000 sehingga thit > ttabel, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran geografi menggunakan model pembelajaran tipe guided note-taking pada kelas XI IPS di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN TIPE GUIDED NOTE-TAKING , HASIL BELAJAR GEOGRAFI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 26 Nov 2025 03:00
Last Modified: 27 Nov 2025 01:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29678

Actions (login required)

View Item
View Item