Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Metoda Bermain Peran pada Siswa Kelas IV SDN 08 Padang Utara

Faridah, Faridah (2010) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Metoda Bermain Peran pada Siswa Kelas IV SDN 08 Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FARIDAH_90401_1089_2011.pdf] Text
final_B1_FARIDAH_90401_1089_2011.pdf

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar Negeri no 08
Padang Utara bahwa nilai PKn siswa sering rendah. Hal ini disebabkan karena
metoda yang digunakan guru biasanya monoton ceramah, alat peraga yang kurang
tepat, serta pembelajaran PKn diletakkan di jam akhir pembelajaran, yaitu sesudah
keluar main. Penggunaan metoda bermain peran merupakan salah satu alternatif
untuk memecahkan masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan metoda
bermain peran pada siswa kelas IV SDN 08 Padang Utara
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk pelaksanaan
proses pembelajaran dan kuantitatif untuk memproses perolehan skor tes hasil
pembelajaran, Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan: 1) perencanaan, 2)
tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Data penilaian berupa informasi tentang
proses dan data hasil indikator yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes,
dan diskusi, sumber data adalah proses pembelajaran subjek dalam penelitian ini
yaitu siswa kelas IV SDN 08 Padang Utara.jumlah siswa 30 orang.
Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan bermain peran ini terlihat siswa
aktif dan kreatif serta menunjukkan respon positif, hal ini dapat dilihat dari
semangat siswa sewaktu bermain peran dan diskusi. Dari hasil pembelajaran siswa
pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 6,67, dan terjadi peningkatan hasil
pembelajaran pada siklus II dengan rata-rata nilai 7,87 dari 30 orang siswa,
sedangkan standar nilai yang ditetapkan 65. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan
sebagai berikut: metoda bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn
siswa kelas IV SDN 08 Padang Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2025 13:51
Last Modified: 20 Nov 2025 13:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29672

Actions (login required)

View Item
View Item