Fauzi, Nurul (2015) Kontribusi Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebgai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_NURUL_FAUZI_98458_4525_2015.pdf
Download (649kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kontribusi kemandirian
belajar, motivasi belajar, dan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber
belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi, (2) kontribusi
kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi, (3) kontribusi motivasi
belajar terhadap hasil belajar ekonomi, (4) kontribusi pemanfaatan perpustakaan
sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
XI IPS di SMA Negeri 5 Bukittinggi yang berjumlah 243 orang. Teknik
pengambilan sampel yang menggunakan teknik proportional random sampling
dengan sampel sebanyak 151 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket.
Untuk uji coba angket diuji validitas dan relibialitasnya. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Untuk menguji
hipotesis digunakan uji F, uji t, dan koefisien determinan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemandirian belajar, motivasi
belajar, dan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, terlihat dari sig
0,000 < 0,05 dan memberikan kontribusi sebesar 36% terhadap hasil belajar. (2)
kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, terlihat
dari sig 0,003 < 0,05 dan memberikan kontribusi sebesar 19,7% terhadap hasil
belajar. (3) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa,
terlihat dari sig 0,021 < 0,05 dan memberikan kontribusi sebesar 15,4% terhadap
hasil belajar (4) pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, terlihat dari sig 0,021 < 0,05
dan memberikan kontribusi sebesar 15,4% terhadap hasil belajar. Adapun rata-rata
nilai siswa adalah 59 serta TCR variabel kemandirian belajar (X1) sebesar
57,92%, TCR variabel motivasi belajar (X2) sebesar 57,26% dan TCR variabel
pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar (X3) sebesar 60,42%.
Akhirnya disarankan kepada siswa agar dapat memiliki kemandirian dan
motivasi yang kuat dalam belajar, serta memanfaatkan perpustakaan sekolah
sebagai sumber belajar ekonomi dengan baik. Dan diharapkan juga kepada guru
untuk mendorong kemandirian dan motivasi siswa dalam belajar dengan
memberikan nasehat dan bimbingan kepada siswa dalam usaha mencapai hasil
belajar yang lebih baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 07:34 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 07:35 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29646 |
