Motivasi Belajar Siswa melalui Metoda Bermain dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP N 2 V Koto Kampung dalam Kab. Padang Pariaman.

Desfizal, Desfizal (2011) Motivasi Belajar Siswa melalui Metoda Bermain dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP N 2 V Koto Kampung dalam Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESFIZAL_59448_2011.pdf] Text
final_B1_DESFIZAL_59448_2011.pdf

Download (280kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah belum terlasananya metoda bermaindelam pembelajaran Penjasorkes dan rendahnya motivasi siswa dalam mengikutipembalajaran Penjasorkes di SMP N 2 V Koto Kampung Dalam Kab. PadangPariaman. Tujuan dari Penelitian ini adalah mengetahui Bentuk metoda bermaindalam materi pembelajaran Penjasorkes di SMP N 2 V Koto Kampung Dalam Kab.Padang Pariaman dann Motivasi Siswa dalam materi pembelajaran Penjasorkes diSMP N 2 V Koto Kampung Dalam Kab. Padang PariamanMetoda penelitian ini mengunakan jenis penelitian Deskriptif Kuatitatif yaitumemaparkan keadaan tentang Motivasi Belajar Siswa Melalui Metoda Bermaindalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP N 2 V Koto Kampung Dalam Kab.Padang Pariaman. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP N 2 V Koto KampungDalam Kab. Padang Pariaman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas VII, VIII dan IX di SMP N 2 V Koto Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman.jumlah keseluruhan siswa sekolah tersebut sebanyak 533 orang. Teknik penarikansampel dilakukan dengan Pourposive Sampling, sampel yang akan dipilih dalampenelitian ini adalah siswa lokal VII 4 dan VII 5. Jumlah sampel adalah 44 orang.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menghitung persentasepenilaian variabel.Hasil analisi, Bermain merupakan suatu sasaran dalam proses PBM penjas disekolah. Dalam penelitian ini bermain dikatagorikan Cukup baik. Hal tersebut disebabkan karena keberadaan pembelajaran siswa di SMP N 2 V Koto KampungDalam Kab. Padang Pariaman masih dalam bentuk permainan sederhana. Motivasidiri seorang dapat dilihat dari tingkah lakunya. Perbedaan antara tingkah laku yangnampak dengan proses yang terjadi adalah penting untuk diperhatikan, hal inimenurut kejelian dalam pengamatan. Terbukti dari hasi penelitian menunjukanbahwa motivasi siswa terhadap Motivasi belajar Siswa melalui metoda bermaindalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP N 2 V Koto Kampung Dalam Kab. PadangPariaman dapat dikatagorikan Sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR SISWA, METODA BERMAIN, PEMBELAJARAN PENJASORKES
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:34
Last Modified: 20 Nov 2025 07:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29644

Actions (login required)

View Item
View Item