Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Tamu untuk Menginap di HW Hotel Padang

Abdillah, Muhammad (2013) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Tamu untuk Menginap di HW Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_MUHAMMAD_ABDILLAH_99111_38_2014.pdf] Text
final_B1_11_MUHAMMAD_ABDILLAH_99111_38_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pertumbuhan hotel di Padang
yang tinggi dan tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah pengguna jasa
perhotelan yang seimbang. Hal ini berdampak pada penurunan jumlah
pengunjung yang menginap khususnya di HW Hotel Padang. Penyedia layanan
perhotelan harus menyiapkan strategi terbaik untuk menarik konsumen, salah satu
alternatif penyelesaian masalah tersebut adalah menerapkan strategi bauran
promosi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana pengaruh bauran
promosi terhadap keputusan tamu menginap di HW Hotel Padang, (2) untuk
mengetahui indikator bauran promosi mana yang berpengaruh dominan terhadap
keputusan tamu menginap di HW Hotel Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kausal komparatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di HW Hotel Padang. Populasi
dari penelitian ini berjumlah 1400 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini
berjumlah 94 orang. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakkan
sampling accidental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert. Analisis
data mencakup: validitas dan reliabilitas, analisis regresi sederhana, pengujian
hipotesis melalui uji t dan F, dan analisis koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menggunakan uji t menunjukkan bahwa kelima
indikator bauran promosi mempengaruhi keputusan menginap sebagai variabel
dependen secara signifikan dengan nilai R square sebesar 0,813. Pengaruh kelima
indikator bauran promosi terhadap keputusan menginap sebagai berikut,
periklanan sebesar 0,429, personal selling sebesar 0,566, promosi penjualan
sebesar 0,869, publisitas sebesar 0,632 dan penjualan langsung sebesar 0,471. Hal
ini menunjukkan bahwa 81,3% variabel keputusan tamu untuk menginap dapat
dijelaskan melalui kelima indikator bauran promosi dalam persamaan regresi.
Sedangkan sisanya 18,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel bauran
promosi yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran promosi, keputusan tamu untuk menginap
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:42
Last Modified: 20 Nov 2025 03:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29606

Actions (login required)

View Item
View Item