Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Metode Inkuiri di Kelas IV SD N 29 Dadok Tunggul Hitam Kec. Koto Tangah Kota Padang.

Derlisma, Derlisma (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Metode Inkuiri di Kelas IV SD N 29 Dadok Tunggul Hitam Kec. Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DERLISMA_09548_2011.pdf] Text
final_B1_DERLISMA_09548_2011.pdf

Download (352kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan data rekapitulasi nilai kelas IV SD N 29 DadokTunggul Hitam Kec. Koto Tangah pada akhir semester I tahun 2009 , nilai rata-rata matapelajaran IPA berada pada posisi terendah. Maka dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajardalam pembelajaran IPA melalui metode inkuiri di kelas IV SD N 29 Dadok Tunggul HitamKec. Koto Tangah Kota Padang.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan karena pendekatan inimerupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulisataupun lisan, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan karena peneliti perlu untukpengolahan data, data yang diperoleh berupa angka-angka sebagai lambang dari peristiwa untukmengukur hasil belajar siswa.Hasil penelitian setelah siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa padaaspek kognitif 72 %, aspek afektif 71,45 %, aspek psikomotor 74,6 %. Siklus I rata-rata 72%ketuntasan 45,8%. oleh sebab itu penelitian dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswaadalah aspek kognitif 91,7%, aspek afektif 96,33%, aspek psikomotor 96,70%.siklus II rata-rata91,5% ketuntasan 91,7%. Telah terjadi peningkatandari siklus I ke siklus II. Peneliti mengambilkesimpulan penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 29 Dadok Tunggul Hitam Kec. Koto Tangah Kota Padang telah berhasil peneliti lakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA, METODE INKUIRI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:41
Last Modified: 20 Nov 2025 07:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29603

Actions (login required)

View Item
View Item