Julianti, Tika (2015) Persepsi Pelanggan terhadap Pelayanan Salon Kecantikan di Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_TIKA_JULIANTI_1102712_3933_2015.pdf
Download (467kB)
Abstract
Tingginya minat pelanggan untuk menikmati pelayanan salon
kecantikan di Kota Padang Panjang Sumatera Barat tidak seiring dengan kualitas
pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, sehingga masih banyak muncul
permasalahan pelayanan pada salon kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kualitas pelayanan pada salon kecantikan yang ada di Kota
Padang Panjang dilihat dari indikator (1) bukti fisik (tangibles), (2) kehandalan
(reliability), (3) daya tanggap (responsiveness), (4) jaminan (assurance), (5)
empati (empathy).
Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah pelanggan salon kecantikan dari 4 salon kecantikan di Kota Padang
Panjang yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dengan teknik non
probality sampling dengan jenis insidental sampling. Instrumen penelitian
menggunakan angket berbentuk Skala Likert yang telah di uji coba dan di
analisis melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan
rumus persentase dan pengkategorian.
Hasil penelitian menyatakan bahwa rata-rata tingkat pencapaian
responden persepsi pelanggan mengenai indikator bukti fisik (tangibles) 64%
berkategori kurang baik, indikator kehandalan (reliability) pelayanan 81%
berkategori baik, indikator daya tanggap (responsiveness) 70% berkategori
sedang, indikator jaminan (assurance) 60% berkategori kurang baik, dan
persentase pada indikator empati (empathy) 62% berkategori kurang baik. Secara
keseluruhan berdasarkan rata-rata penilaian dari kelima indikator maka diketahui
bahwa kualitas pelayanan salon kecantikan di Kota Padang Panjang masih berada
pada kategori sedang dengan persentase sebesar 66,34%. Di sarankan bagi pihak
salon kecantikan yang ada di Kota Padang Panjang melakukan upaya
peningkatan kualitas pelayanan dengan memberikan pelatihan kepada karyawan
terkait berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam melayani pelanggan,
sehingga hasil pelayanan lebih berkualitas.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TX Home economics |
| Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:36 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 03:36 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29579 |
