Amelia, Cici Rizki (2009) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Melalui Lembaran Soal Terstruktur Dengan Setting Kooperatif Tipe STAD (Pada Siswa Kelas VIII.5 SMP Negeri 20 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_CICI RIZKI AMELIA 65111-05-09.pdf
Download (149kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan lembaran soal
terstruktur dengan setting kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) diharapkan dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII.5
SMP Negeri 20 Padang.
Objek penelitian adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 20 Padang.
Penelitian ini dilaksanakan bulan April sampai Juni 2009. Penelitian dilakukan
dengan dua siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan.
Data yang dikumpulkan berhubungan dengan aktivitas belajar dan hasil belajar
siswa. Aktivitas belajar siswa menggunakan teknik persentase sedangkan hasil
belajar dikelompokkan dalam interval berdasarkan SKBM.
Hasil penelitian pada siklus I aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran dengan penggunaan lembaran soal terstruktur dengan setting
kooperatif tipe STAD yaitu rata-rata aktivitas siswa serius dalam mengerjakan
latihan kelompok baik sekali, aktivitas siswa serius dalam mengerjakan kuis baik,
aktivitas membaca panduan materi baik. Aktivitas siswa bertanya pada guru dan
berdiskusi dengan teman sekelompok cukup. Hasil belajar yang diperoleh siswa
rata-rata 65.3 dengan jumlah 17 siswa tuntas dari 38 orang siswa. Pada siklus II
telah terjadi peningkatan baik aktivitas belajar dan hasil belajar. Rata-rata aktivitas
belajar siswa baik sekali, kecuali aktivitas siswa bertanya pada guru kategori
cukup. Untuk hasil belajar pada siklus II telah diperoleh rata-rata 82.6 dan semua
siswa tuntas.
Saran yang diberikan dalam penelitian ini antara lain: 1) Guru mata
pelajaran ekonomi agar mencoba menggunakan lembaran soal terstruktur dengan
setting kooperatif tipe STAD. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe
STAD, guru hendaknya memberikan reward atau penghargaan baik berupa poin
atau hadiah kepada siswa yang aktif. 3) Sekolah menyediakan buku sumber yang
lebih lengkap di perpustakaan, fasilitas pembelajaran di kelas lebih lengkap serta
suasana lingkungan yang kondusif.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:35 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 03:35 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29575 |
