Aina, Chintia Resha (2010) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Metode Simulasi Bertingkat Dengan Metode Konvensional Pada Siswa Kelas 1 SMK Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_CHINTIA_RESHA_AINA_65085_2010.pdf
Download (164kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil
belajar antara siswa yang belajar dengan metode simulasi bertingkat dengan siswa
yang belajar dengan metode konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada
pembelajaran ekonomi siswa kelas 1 SMK N 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas I SMK Negeri 3
Padang. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah Purposive Sampling
Method. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar siswa.
Sebelum tes diberikan terlebih dahulu soal tes diujicobakan, kemudian hasil
ujicoba dianalisis validitas, daya beda, tingkat kesukaran dan reliabilitas soal
tersebut. Selanjutnya untuk menguji perbedaan hasil belajar kedua kelas sampel
digunakan uji Z.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada hasil post test (tes akhir) diperoleh
nilai Zhitung > Ztabel (5,35 > 1.96) yang membuktikan hipotesis diterima pada taraf
kepercayaan 95%. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara post test
kedua kelas sampel setelah diberikan perlakuan. Artinya, terdapat perbedaan yang
signifikan hasil belajar antara siswa yang menerima pembelajaran dengan metode
simulasi bertingkat dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional
Untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas 1 SMKN 3
Padang, disarankan kepada guru ekonomi agar mempertimbangkan untuk
menggunakan metode simulasi bertingkat dalam proses belajar mengajar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:34 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 03:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29567 |
