Peningkatan Interaksi Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas 1 Akt 2 SMKN 3 Padang, Dengan Teknik Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (Action Research).

Hardila, Celly (2009) Peningkatan Interaksi Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas 1 Akt 2 SMKN 3 Padang, Dengan Teknik Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (Action Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_CELLY HARDILA 65120-05-09.pdf] Text
final_B1_CELLY HARDILA 65120-05-09.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik
pembelajaran everyone is a teacher here dalam mata pelajaran ekonomi akan dapat
meningkatkan interaksi pembelajaran siswa kelas 1 Akt 2 SMKN 3 Padang. Hipotesis
penelitian ini adalah terdapat peningkatan interaksi pembelajaran siswa pada mata
pelajaran ekonomi melalui penerapan active learning dalam bentuk everyone is a
teacher here pada siswa kelas 1 Akuntansi 2 SMK Negeri 3 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas 1 Akt 2 yang berjumlah sebanyak 34 orang siswa dan
terdiri dari 2 orang laki-laki dan 32 orang perempuan. Data penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk melihat
perubahan interaksi pembelajaran siswa pada siklus I dan siklus II. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis persentase dan rating scale.
Berdasarkan hasil pengamatan interaksi pembelajaran siswa selama proses
belajar mengajar berlangsung pada siklis I dan siklus II terlihat dengan adanya
peningkatan yaitu perhatian dalam kegiatan belajat terhadap guru dan teman
meningkat 20%, mengerjakan tugas yang diberikan guru meningkat 25%, membuat
pertanyaan dan membuat jawaban telah semua siswa melakukannya yaitu 100%,
bersedia tampil di depan kelas dan melaksanakan keterampilan berkomunikasi
meningkat 21%, mengemukakan pendapat mengenai jawaban yang dibacakan
meningkat 24%, dan diakhir pelajaran membuat kesimpulan dari materi yang
dipelajari meningkat 22%.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran
everyone is a teacher here dapat meningkatkan interaksi pembelajaran siswa pada
mata pelajaran Ekonomi di kelas 1 Akt 2 SMKN 3 Padang. Oleh karena itu,
disarankan kepada guru agar dalam pelaksanaan teknik Pembelajaran everyone is a
teacher here diterapkan pemberian tugas resume, penggunaan media yang menarik,
pemberian bonus nilai bagi yang aktif. Sehingga penerapan teknik pembelajaran
everyone is a teacher here dapat terlaksana dengan baik

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Nov 2025 02:20
Last Modified: 20 Nov 2025 02:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29544

Actions (login required)

View Item
View Item